Review CdeLobster PHP Edition

Di tengah berbagai aplikasi editor PHP di pasaran, kehadiran CodeLobster layaknya angin segar. Kelengkapan feature dan harga yang kompetitif adalah keunggulan utamanya yang memanjakan para programmer.

CodeLobster PHP Edition merupakan editor atau IDE (Integrated Development Environment) untuk bahasa pemrograman PHP (termasuk juga HTML, Javascript, dan CSS). Aplikasi ini memiliki feature lengkap serta plugin untuk beberapa CMS (Content Management System) dan framework yang populer saat ini.

Bagi seorang programmer, fasilitas yang paling membantu dalam suatu IDE adalah autocomplete atau word completion. Beragamnya framework untuk berbagai bahasa pemrograman yang masing-masing membawa kelas dan fungsinya sendiri mungkin akan menyulitkan pengguna untuk mengingat semua kelas/fungsi tersebut (terutama untuk menu atau fasilitas yang jarang digunakan).

Dengan adanya feature autocomplete (CodeLobster menyebutnya Intelligent autocomplete), Anda cukup mengetikkan beberapa huruf depannya saja. Kemudian, CodeLobster akan memunculkan pop-up daftar kelas/fungsi yang diperkirakan dapat digunakan oleh Anda. Feature ini dirasakan cukup akurat, ringan, dan cepat. Meskipun sebetulnya tidak terasa bedanya antara memunculkan pop-up tersebut dan ketika memunculkan fungsi-fungsi standar (native) PHP/HTML/Javascript.

Jika hendak menggunakan salah satu CMS/framework yang didukung, CodeLobster dapat secara otomatis mengunduh dan memasang CMS/framework tersebut ke dalam project Anda. Setiap plugin dilengkapi dengan feature spesifik CMS/framework yang bersangkutan. Misalkan untuk plugin CMS Joomla, disediakan feature Joomla Template Preview (Theme Editor). Pada framework Symfony disediakan Task Executing yang dapat mengenali berkas dengan format .yaml. Sementara itu, framework Yii memiliki feature autocomplete untuk path alias.

Selain karena harganya yang lebih murah dibandingkan kompetitornya yang memiliki feature yang hampir sama, CodeLobster juga menyediakan versi gratis yang dilengkapi feature validasi kode standar untuk HTML, Javascript, CSS, dan PHP. Untuk versi berbayar, CodeLobster menyediakan versi Lite dan Professional. Versi Lite selain memiliki featurefeature standar yang terdapat pada versi gratis, juga memberikan tambahan feature SQL manager dan mendukung perangkat lunak pengontrol versi (versioning control) SVN, Git, Mercurial, dan TortoiseSVN. Sementara itu, untuk versi Professional, Anda sudah dapat memanfaatkan plugin yang mendukung CMS Drupal, Joomla, dan Wordpres;, framework CakePHP, CodeIgniter, Facebook, Smarty, Symfony, dan Yii; serta pustaka (library) Javascript jQuery.

Kekurangan dari CodeLobster sampai saat ini (versi 4.2.1) adalah masih adanya bug untuk koneksi ke server melalui SFTP. Menurut tim pengembangnya, bug tersebut berasal dari pustaka eksternal yang digunakan oleh CodeLobster. Pustaka ini memang tidak dikembangkan sendiri oleh tim CodeLobster.

****

CodeLobster dapat menjadi salah satu pilihan aplikasi editor PHP karena dukungannya terhadap beberapa CMS dan framework yang populer saat ini. Pada versi berbayar, lisensi one-for-all yang ditawarkan memungkinkan Anda berbagi lisensi secara tidak terbatas dengan rekan kerja.

http://www.infokomputer.com/review/software/5624-codelobster-php-edition

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s